Maksimalkan Serapan Anggaran, Dewan Desak Percepatan Realisasi Program

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Anggota komisi III DPRD Sumenep M. Muhri mendesak percepatan realisasi kegiatan atau program tahun 2024. Hal itu dilakukan agar serapan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) bisa maksimal, apalagi sudah memasuki triwulan kedua.

Menurut politisi PKB itu setidaknya di triwulan kedua ini sudah bisa dilaksanakan proyek termasuk kegiatan fisik. Apalagi, proyek gede yang membutuhkan proses lama karena melalui tahapan lelang dan pelaksanaanya juga butih waktu panjang.

Muat Lebih

Sebab, sampai saat ini masih ada kegiatan yang masih di lelang. Jadi, sangat naif lantaran sudah memasuki triwulan kedua. “Kami minta untuk segera merealisasi anggaran 2024. Agar semua program bisa dinikmati masyarakat, termasuk pembangunan infrastruktur,” katanya.

Apabila realisasi dipercepat, sambung dia, tentu saja akan mempercepat serapan anggaran. Sehingga, serapannya di tengah tahun anggaran tidak minim lagi. “Tentu instansi terkait harus berlomba-lomba untuk menyerap anggaran fengan merealisasikan kegiatan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Ketua Fraksi PKB, dengan realisasi lebih awal maka sudah pasti tidak akan ada penumpukan kegiatan. Termasuk antrean penyerapan anggaran. “Jangan dibiasakan untuk memperlambat realisasi supaya tidak ada penumpukan,” tuturnya.

Informasinya, sekarang baru dua paket yang ditender itu diantaranya pelebaran Jl. Raya Saronggi – Kecamatan Lenteng dengan pagu anggaran Rp. 17,3 miliar.

Dan juga pelebaran Jl. Raya Pertigaan Pasar Ganding – Lenteng Barat dengan pagu anggaran Rp 19,8 miliar.Dua paket pekerjaan jalan itu dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). (nz/yt)

Pos terkait