Salurkan BLT DD, Bupati Sumenep : Gunakan Sesuai Peruntukan!

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya disalurkan, Kamis (10/3/2022). Penyaluran secara simbolis dilakukan oleh bupati Achmad Fauzi, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran secara simbolis ini dilakukan di Balai Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng. Dan, diikuti serentak oleh sejumlah kecamatan yang asa di Kabupaten ujung Timur Pulau Madura secara virtual. Termasuk, penyalurannyan juga dilakukan secara serentak.

Muat Lebih

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengaku bersyukur lantaran bantuan DD ini disalurkan secara serentak di seluru desa di Kabupaten Sumenep. Setidaknya, program ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid 19 ini.

“Semoga bisa memberikan manfaat di tengah Pandemi Covid 19 ini,” katanya.

Dia menuturkan, masing-masing penerima mendapatkan Rp 300 ribu setiap bulan. Namun, untuk saat ini langsung dicairkan selama tiga bulan sekaligus, yakni bulan Januari, Februari dan Maret. “Sekarang dirapel menjadi tiga bulan,” ungkapnya serius.

Mantan Jurnalis ini meminta penerima manfaat untuk mempergunakan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan menjaga keberlangsungan hidup di tengah pandemi. ”Gunakan sebaik mungkin dan terus dukung program vaksinasi,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, penggunaan dana desa 2022 telah diatur dalam Perpres 104/2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022. Di mana 40 persen untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai.

“Untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 persen. Lalu, untuk dukungan pendanaan penanganan Covid-19 minimal 8 persen dari alokasi DD setiap desa serta program sektor prioritas lainnya. Ini diharapkan bisa dijalankan,” tuturnya. (nz/yt)

Pos terkait