Kantongi Dua Rekomendasi, Aktifis Politik : Bisa Jadi Duet Fauzi-Eva Paling Dilirik

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Turunnya dua rekomendasi partai politik (Parpol) kepada Achmad Fauzi dan Nyai Hj Dewi Khalifah sebagai Bacabup dan Bacawabup dalam Pilkada Sumenep, Madura, Jawa Timur dinilai tepat. Sebab, pasangan ini dinilai paling serius dalam kontestasi lima tahunan ini.

Dengan adanya dua parpol pendukung ini sebenarnya Fauzi-Eva sudah bisa mendaftar sebagai calon Sebab, perolehan kursi dua partai ini sudah melebihi 10 kursi. Bahkan, dimungkinkan masih akan ada partai lain yang bisa mendukung, Itu lantaran keberadaan keduanya memang cukup dilirik. Apalagi, keduanya representasi dari nasionalis religus.

Muat Lebih

Duet Achmad Fauzi- Eva diusung PDI Perjuangan. Kemudian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) mengeluarkan surat Keputusan (SK) Dukungan kepada Duet Fauzi-Eva. Dengan begitu, maka dua parpol sudah mengusung pengusaha dan ulama ini.

Aktifis Politik dari Lembaga Demokrasi dan Kebangsaan (LemDek) Hendri Kurniawan menjelaskan, adanya dua rekomendasi parpol menandakan jika pasangan ini paling serius, tidak akan sekadar promosi lewat banner. “Ini saya kira paling serius. Sebab, dari semua bakal calon yang ada, pasangan ini yang sudah resmi mendapatkan rekomendasi,” katanya.

Dia menjelaskan, duet ini juga menjadi magnet bagi parpol yang ada. Apalagi, di masyarakat grass root nama ini yang sering diperbincangkan. “Intinya, start keluar rekom awal, berarti duet ini punya kans. Sehingga, dilirik oleh partai politik yang akan ikut ambil bagian dalam kontestasi politik ini,” ujarnya.

Selain itu, terang dia, parpol tidak mudah memberikan rekomendasi. Pasti melalui pertimbangan matang, semisal popularitas, aksebilitas dan elektabilitasnya. “Mungkin surveinya duet ini masih tinggi. Makanya, rekomendasi keluar awal. Parpol pasti tidak mau kecolongan,” tuturnya.

Bahkan, menurut aktifis Malang ini, apabila tren duet tetap tinggi dari sisi survey, maka tidak menutup kemungkinan akan ada lagi beberapa parpol yang siap mendukung. “Politik itu memang dinamis. Tapi, tentu saja pergerakan tak begitu signifikan. Apalagi, duet sudah maksimal melakukan mobilisisasi politik,” tuturnya.

Yang jelas, Hendri menegaskan, untuk saat ini duet ini yang paling serius diantara sejumlah nama yang berhembus. Sebab, dua mengantongi dua rekomendasi partai. “Saya harap yang lain tak gembor nama dan banner, tapi disertai juga dengan nama. Supaya pesta rakyat ini berjalan bagus,” ungkapnya. (nz)

Pos terkait