Mengejutkan!, 30 Persen Penduduk Sumenep Terjangkit Penyakit TBC

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Penderita penyakit TBC (tuberculosis) atau TB di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur cukup tinggi. Bahkan, sesuai data di Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat 30 persen dari total penduduk kota Sumekar terjangkit penyakit tersebut.  

Angka tersebut tentu cukup tinggi, mengalahkan angka di berbagai daerah lain. Sehingga, penyebaran TBC di Sumenep tertinggi di Provinsi Jawa Timur. “Gejala TB di Sumenep tertinggi di Jatim,” kata Slamet Budi Harjo, Sekretaris Dinkes Sumenep.

Muat Lebih

Data tersebut, kata dia, diketahui berdasarkan hasil diagnosa pasien di Puskesmas. Dan, kemudian dilaporkan. “Selain itu juga berdasarkan hasil survey dari tim Independen Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Gejala penyakit TBC secara umum, diantaranya adalah batuk terus menerus, batuk berdarah, demam, barat badan menurun, dan juga lemah. Apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya untuk segera periksa di dokter.

Hanya saja, mantan Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) belum mengetahui secara pasti jumlah korban terbanyak berasal dari kecamatan mana. Pihaknya mengaku terus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mengetahui hal yang perlu dilakukan guna melakukan antisipasi sejak dini.

“Kami terus memberikan pencerahan melalui tim independen. Dan juga melibatkan masyarakat melalui program dari pintu ke pintu. Mereka sosialisasi dan deteksi dini,” ungkapnya.(nz/yt)

Pos terkait