Baru Seumur Jagung, Program BPNT Kandas, Beralih ke Sembako

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang baru diberlakukan sejak September 2019 lalu kini telah tiada. Sejak tahun 2020 ini, bantuan tersebut berubah menjadi program Sembako. Ini berlaku secara nasional, termasuk di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Program BPNT itu sudah berubah menjadi program sembako. Itu sudah menjadi kebijakan yang harus dijalankan di 2020 ini, ” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep Moh. Iksan.

Muat Lebih

Iksan menjelaskan, program sembako ini cakupan lebih luas dari BPNT. Kalau BPNT hanya pada beras dan telor, namun pada program sembako ini bisa beras, jagung, sayur, telor, daging dan lainnya. “Dan, ini akan dilaksanakan pada tahun 2020. Pemilihan komoditas diserahkan pada kesepakatan KPM dan e Warung,” ujarnya.

Proses penyaluran?, Mantan Kabid Pemuda dan Olahraga Disparbudpora ini mengungkapkan, pihaknya tetap memakai e warung dengan sistem non tunai. Sementara dalam proses supliyernya diserahkan kepada pasar. “Tetap diserahkan kepada pasar. Jadi, terserah e warung mau ngambil dari mana,” ujarnya.

Sebelumnya, program BPNT di Sumenep terbilang cukup kacau. Sebab, dalam pelaksanaanya kualitas beras yang disalurkan sangat jelek. Ada yang hancur, menguning, bahkan ada beras yang mengandung bahan plastik. (nz/yt)

Pos terkait