Woow..!, Nilai Pelantikan Kades di Sumenep Tercepat di Indonesia, DPRD “Memuji”

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Pelantikan Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak di Sumenep, Madura, Jawa Timur menarik perhatian. Pasalnya, pelantikan pimpinan desa ini terbilang sangat cepat, dan mungkin tercepat dibandingkan dengan Kabupaten lain di Indonesia.

Bayangkan, Pilkades serentak ini baru digelar 25 November 2021 lalu, dan 16 Desember sudah ada pelantikan. Jadi, hanya jeda sekitar 20 hari dari pelaksanaan pesta rakyat tingkat desa ini, dan langsung dilakukan pengukuhan. Sehingga, ini dianggap terobosan prestisius bupati Sumenep.

Muat Lebih

Padahal, sepanjang sejarah Kabupaten ujung Timur pulau Madura belum pernah ada pelantikan secepat ini. Bahkan, pelantikan harus membutuhkan waktu berbulan-bulan, dan baru dilakukan pelantikan.

Pelantikan Pilkades ini digelar pad hari ini Kamis (16/12/2022). Pelantikan diikuti sebanyak 88 Desa dari 27 Kecamatan yang ada di Kota Sumekar ini. Pelantikan dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 09.00 dan sesi kedua pada pukul 12.00. Termasuk juga pelantikan Kades terpilih hasil Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Ya, pelantikan memang digelar secara cepat. Supaya roda pemerintahan di tingkat desa berjalan maksimal. Dan, pelayanan bisa dilakukan dengan optimal pula dengan hadirnya pejabat definitif di desa,” kata bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH. MH.

Sekretaris komisi I DPRD Sumenep Suroyo mengapresiasi langkah bupati yang mempercepat pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak. Ini langkah baik, dan bagian dari terobosan bupati baru ini. “Pelantikan ini saya anggap tercepat di Indonesia, hanya sekitar 20 hari. Kami sangat mengapresiasi,” katanya.

Langkah ini, sambung dia, cukup baik agar roda pemerintahan bergerak dengan cepat. Dan, kebijakan keummatan bisa dilaksanakan dengan maksimal dan optimal. “Hadirnya pejabat definitif dipastikan akan lebih maksimal dalam bidang pelayanan. Kalau Pj itu kan sifatnya terbatas,” tuturnya.

Politisi Gerindra ini juga mengapresiasi pelaksanaan Pilkades yang berjalan sukses dan aman. Dan, sampai kepada pelantikan pada hari ini. “Pilkades berjalan sukses, lancar dan aman. Pelantikannya pun cepat. Terobosan bupati yang luar biasa. Kami cukup bangga san mengpresiasi,” tuturnya. (nz/yt)

Pos terkait