Mau Mandiri, Kepulauan Ingin “Talak Tiga” dengan Sumenep?

  • Whatsapp

Madurazone.co, Sumenep – Ratusan warga kepulauan Sumenep berkumpul dipelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (8/5/2016), sekitar pukul 15.00. Mereka menyatakan sikap talak dengan Sumenep, dan akan menjadi kabupaten tersendiri.

Pernyataan itu disampaikan dalam deklarasi. Di pelabuhan itu mereka langsung menbentangkan spanduk “perpisahan” dengan Sumenep. Salah satunya bertuliskan Deklarasi Kabupaten kepulauan Sumenep. Poster itu kemudia di pasanh di salah satu kapal yang hendak nyeberang ke pulau.

Muat Lebih

Bahkan, warga yang mengaku dari kepulauan itu juga membentuk Panitia Persiapan Kabupaten Kepulauan Sumenep (PPK2S). Deklarasi kabupaten kepulauan itu melibatkan mahasiswa asal kepulauan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen lainnya kepulauan.

Versi PPKS, rencana menjadi kepulauan kabupaten bukanlah sebagai wacana. Sebab, rencana itu sudah digagas sesepuh belasan tahun yang lalu. Sehingga, saat ini tinggal merealisasikan saja. “Bukan baru muncul hari ini, melainkan sejak 1999 lalu, kata A. Raful Firaq, sekjen PPKS.

Dia menjelaskan, dengan menjadikan kepulauan sebagau kabupaten tentu akan menjadikan lebih maju dan mandiri. Tidak lagi dianatirikan. Sehingga, bisa membangun kepulauan. “Kalau sudah jadi kabupaten, maka pembangunan kepulauan akan semakin pesat,” ungkapnya.

Menurutnya, semua masalah kepulauan akan bisa diatasi. Mulai masalah pendidikan, ekonomi dan lainnya, akan bisa berkembang jika memisahkan diri dari Sumenep. “Kuncinya, harus bisa menjadi kabupaten dan pisah dan pisah dari Sumenep. SDA kita besar,” tukasnya. (yat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.