Harga Garam Murah, Nasib Petani Tak Menguntungkan

  • Whatsapp

Madurazone. PAMEKASAN – Petani garam di Pamekasan, Madura, Jawa Timur meradang. Pasalnya, harga kristal putih itu terjun bebas dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saat ini harga garam hanya Rp 300 ribu per ton.

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan dan Kelautan Pamekasan Istamam menjelaskan, harga garam hanya Rp 300 ribu per ton. Rendahnya harga garam ini lantaran karena ada impor. “Pada akhirnya pasar yang menentukan. Hukum pasar itu, apabila permintaan banak atau ketersediaannya banyak maka harga bisa turun,” katanya.

Muat Lebih

Menurutnya, saat ini ada sekitar 29, 350, 3 ton garam dari luasan lahan 923,7 hektare yang sudah diproduksi oleh petani saat ini. Jadi, petani tetap lakukan tanam meski harga anjlok. “Ya, begitulah. Memang sangat memprihatinkan harganya yang murah,” tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku tidak berbuat apapun, lantaran itu merupakan kebikajan pusat. Namun, pihaknya tetap berharap agar harga pelan-pelan bisa naik, sehingga, kesejahteraan petani bisa terjamin. “Semoga harga naik,” ujarnya dengan serius. (red)

Pos terkait