Rabu , 26 Februari 2020
Home / SUMENEP / Dinilai Stagnan, Destinasi Wisata di Sumenep Butuh Sentuhan Investor

Dinilai Stagnan, Destinasi Wisata di Sumenep Butuh Sentuhan Investor

Madurazone. SUMENEP – Pengelolaan destinasi wisata di Sumenep, Madura, Jawa Timur masih terkesan jalan di tempat. Pasalnya, sejumlah wisata yang ada di kota Sumekar ini belum tersentuh investor atau pihak ketiga.

Sehingga, perlu dilakukan evaluasi terhadap keberadaan wisata dan program penunjangnya. “Kami lihat dulu, apa yang akan kita harus lakukan untuk program selanjutnya. Saya punya semacam misi yang harus dilaksanakan yaitu membangun pariwisata dan budaya yang berkarakter, bernuansa visit, dan investasi,” kata Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sumenep, Bambang Irianto.

Sejumlah destinasi wisata di Sumenep sebenarnya sudah siap saji. Hanya saja, menurut dia, proses pengembangannya yang cenderung lamban. Sehingga belum mampu menarik wisatawan ke Sumenep secara maksimal. Oleh sebab itu, kata Bambang pengelolaan destinasi oleh pihak ke tiga dibutuhkan.

“Kalau kita tetap mengacu pada anggaran APBD, ya akan berjalan. Namun tidak akan cepat. Karena ini butuh percepatan. Memang pengembangan wisata itu perlu ada pihak ketiga yang terlibat. Sehingga kami melihat perlunya antara visit dan investasi. Dua hal ini yang bisa kita gabungkan menjadi kebijakan saat ini,” tambahnya.

Tujuan seorang wisatawan, kata Bambang seharusnya tidak hanya sekedar singgah dalam berwisata. Dengan destinasi wisata yang menarik, maka akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama tinggal di Sumenep. Dengan demikian, selain berdampak pada PAD Sumenep, juga akan berdampak pada ekonomi kerakyatan.

Untuk itu, Bambang menyebut akan mengevaluasi program pengembangan pariwisata di Sumenep secara menyeluruh. Mulai pengembangan pariwisata, hingga event bertajuk Visit Sumenep yang dilaksanakan pemerintah dalam dua tahun terakhir. Termasuk setiap program yang akan dilaksanakan di tahun ini. (nz/yt)

Baca Juga

Pantau Lahan Pertanian Terdampak Banjir, Dispertahortbun Sumenep Fasilitasi Klaim Asuransi Petani

Madurazone. SUMENEP – Banjir yang merendam sejumlah lahan pertanian di tiga Kecamatan mendapatkan perhatian serius …