Ratusan Desa di Sumenep Ajukan Pencairan DD Tahap III

  • Whatsapp
banner 468x60

Madurazone, SUMENEP – Ratusan desa di Sumenep, Madura, Jawa Timur mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap III. Hal ini dilakukan agar dana transfer APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) bisa dinikmati masyarakat.

Data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, ada 140 desa yang telah mengajukan pencairan DD tahap III. Bahkan, sudah direkomendasikan untuk segera disalurkan. Dengan begitu, masih ada sekitar 190 desa belum mengajukan, dari total 330 desa.

Muat Lebih

banner 300250

Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli menjelaskan, yang sudah direkomendasikan untuk pencairan tahap III ada 140 desa. Dan, kemungkinan sudah dalam waktu dekat akan diterima rekening desa. “Sampai detik ini baru 140 desa yang mengajukan pencairan tahap III. Segera cair,” katanya.

Sementara sisanya, sambung dia, kemungkinan akan segera melakukan pengajuan. “Kan, masih ada 190 desa yang belum mengajukan. Kabarnya mereka juga akan segera proses pengajuan, bisa saja dalam satu dua hari ini akan dilakukan,” tuturnya.

Mantan staf Ahli ini mengungkapkan, pengajuan tahap III ini baru dilakukan lantaran dana dari RKUN ke RKUD baru masuk pekan lalu. Sehingga, desa baru bisa mengajukan pekan ini. “Wajar, kalau dananya baru masuk, maka pengajuan pasti juga dilakukan saat dana stand by,” ungkapnya.

Bisakah kegiatan tuntas sampai akhir anggaran?, Ramli menegaskan, pihaknya optimis kegiatan akan tuntas pada akhir anggaran 2019. Tentunya, pekerjaan kegiatan tetap mengacu kepada prosedur yang sudah ditentukan. “Jadi, meski menjelang akhir anggaran, aturan tetap harus dipertahankan,” tukasnya. (nz/yt)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60