Targetkan Pertumbuhkan Ekonomi, Bupati Sumenep Rencanakan Penerbangan Komersil Bandara Trunojoyo

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Upaya untuk menjadi bandara Trunojoyo menjadi komersil terus dilakukan bupati Sumenep Achmad Fauzi. Salah satunya melakukan kordinasi dengan maskapai penerbangan, salah satunya wings Air.

Itu dilakukan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Bahkan, orang nomor satu di Kabupaten Sumenep tersebut menargetkan bulan Juli tahun 2023 agar pesawat komersial bisa beroperasi.

Muat Lebih

“Kami target Juli ini, mudah-mudahan pesawat komersial bisa beroperasi di Sumenep,” katanya.

Suami Nia Kurnia ini menuturkan, keberadaan pesawat komersial sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. “Makanya penerbangan ini mau dihidupkan kembali. Sehingga kalender wisata Sumenep 2023 bisa berkembang pesat,” ucapnya.

Dalam keterangannya, ia mengaku, bahwa dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, salah satunya Wings Air. Hal itu untul okupansi penerbangan komersial di wilayahnya.

“Kalau untuk okupansi sebelumnya mencapai antara 60 sampai 80 penumpang per pekan. Untuk jadwal penerbangannya sebelum Covid-19 setiap hari, lalu setelah Covid-19 sempat berkurang enam kali penerbangan, lalu turun empat kali, dan sekarang penerbangan perintis berhenti,” imbuhnya.

Dengan keberadaan penerbangan komersial tersebut, Bupati Fauzi sangat optimistis terhadap puluhan agenda wisata yang akan digelar dikunjungi wisatawan. Hal itu untuk mencapai 1,1 juta kunjungan wisatawan pada kalender wisata 2023.

Guna mendukung Achmad target tersebut, Bupati Fauzi menyebutkan, bahwa pihaknya menyiapkan beragam potensi wisata untuk bisa dieksplorasi pengunjung sepanjang 2023, mulai dari wisata alam, heritage, wisata religi, olahraga, hingga wisata buatan.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan agenda lainnya, yakni MTB Bumi Jokotole, Sumenep Heritage Beach Marathon, Festival Musik Tong-tong, Sumenep Culture Festival, dan Oxygen Sunmori Funbike. (nz/yt)

Pos terkait