Dewan Desak Penertiban Rokok Ilegal Diseriusi

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Maraknnya rokok ilegal membuat gerah para legislator di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pasalnya, sampai detik ini penertiban terhadap keberadaan rokok ilegal ini terkesan setengah hati.

Sehingga, rokok ilegal ini terus menjamur di kabupaten ujung Timur Pulau Madura, bahkan tak terkendali penyebarannya. Dan, ini sudah cukup meresahkan. Apalagi, harga dari rokok ini terbilang cukup murah dan dijual bebas.

Muat Lebih

“Kami minta pemkab tidak setengah hati dalam menertibkan rokok ilegal di Kabupaten Sumenep. Sebab, sangat meresahkan dan sudah menyebar kemana-mana. Jadi, kami minta untuk segera ditertibkan. Apalagi, keberadaannya sudah beredar luas di toko-toko kecil hingga ke pelosok desa,” kata anggota komisi II DPRD Sumenep Risnawi.

Penertiban itu, sambung dia, bisa dilakukan oleh pemkab dengan menggandeng pihak yang berwenang, dalam hal bea dan cukai Pamekasan. Sehingga, penertibannya akan tepat dengan pelanggaran yang dilakukan.

”Intinya, penertiban itu harus bertul-betul dilakukan dengan benar, sehingga memberikan efek jera kepada pelaku usaha rokok bodong itu. Makanya, penertiban itu menjadi sangat penting,” tuturnnya.

Apalagi, menurut politisi PKB ini, saat ini pihak Satpol PP mendapatkan kucuran dana untuk melakukan penertiban dan sosialisasi akan bahaya rokok ileggal. Dan, itu hendaknya dimaksimalkan agar memebrikan azas manfaat.

”Ada anggaran DBHCHT (Dana bagi hasil cukai hasil tembakau. Harus dimanfaatkan betul untuk menggempur rokok ilegal. Jangan hanya jadi slogan saja,” ucapnya.

Politisi asal Kepulauan Raas ini mengungkapkan, penertiban tidak hanya dilakukan di toko kecil atau kepada masyarakat langsung. Melainkan harus dilakukan kepada pelaku usahanya, atau perusahaan rokoknnya. Sehingga, penyebaran rokok ilegal itu menjadi sempit.

”Kalau hanya sekadar yang menjual terkena razia, sementara pabrik yang membuat dibiarkan sama saja dengan tetap membiarkan penyebarannya. Jadi, kami minta pemkab dan bea cukai bisa bergandeng tangan untuk menggempur rokok ilegal itu,” harapnya. (nz/yt)

Pos terkait