Sidak Komisi III Temukan Tambak Udang Tanpa IPAL di Kalianget, Desak Penertiban Tak Setengah Hati

  • Whatsapp
anggota komisi III DPRD Sumenep saat sidak di tambak udang Kalianget Barat

Madurazone. SUMENEP – Keberadaan Tambak Udang di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur disorot. Pasalnya, ditemukan tidak menggunakan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), sehingga dikeluhkan masyarakat.

Hal itu terungkap dari hasil inspeksi mendadak (sidak) komisi III DPRD setempat ke lokasi tambak. Para legislator yang membidangi pembangunan dan infrastuktur itu mengecek pembuangan limbahnya, ternyata diduga tidak sesuai regulasi.

Muat Lebih

Anggota komisi III DPRD Sumenep M. Muhri mengakui jika pihaknya turun langsung ke lapangan setelah mendapatkan laporan warga terkait limbah tambak udang ini. Sebab, warga menganggap mencemari lingkungan sekitar.

“Karena ada keluhan, kami langsung datang ke lapangan untuk memastikan aspirasi masyarakat tersebut,” katanya.

Ternyata, sambung dia, dari hasil kroscek di lapangan ditemukan tidak adanya IPAL. Sehingga, pembuangan limbah menjadi semraut. “Dan, jika dibiarkan maka bisa dipastikan akan mencemari lingkungan sekitar. Dan, tentu saja tidak baik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Padahal, menurut ketua Fraksi PKB ini, keberadaan limbah itu harus memiliki pembungan limbah yang benar. Sehingga, tidak mencemari lingkungan atau lainnya di sekitar tambak. “Ini harus menjadi perhatian dari pemerintah, sebab kami kira ini sudah tidak tertib regulasi,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pemkab tidak setengah hati dalam melakukan penertiban tambak yang tidak sesuai regulasi. “Harus tegas untuk ditertibkan, apalagi sampai merugikan masyarakat,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep Arif Susanto belum bisa dikonfirmasi terkait masalah itu. Saat dihubungi melalui sambungan telepon Watshapp tidak ada respon, meski terbaca berdering. (nz/yt)
.

Pos terkait