Ayo Berkunjung ke Desa Kebonagung!, Suguhkan Beragam Spot Wisata

  • Whatsapp
salah satu destinasi wisata di Desa Kebonagung

Madurazone. SUMENEP – Pengembangan wisata desa di Kebonagung, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur patut diapresiasi. Buktinya, di tahun 2023 ini akan banyak destinasi wisata yang bakal diluncurkan oleh desa pimpinan Bustanul Affa itu.

Salah satu wisata itu adalah wisata air, Lembung Konyek, air terjun, dan gua Jeruk yang merupakan pertapaan raja Sumenep Sultan Abdurrahman. Selain itu, juga akan dibangun fasilitas pendukung seperti dermaga dan jembatan gantung.

Muat Lebih

“Kami juga sedang membangun wahana outbound dan bumi perkemahan. Sebagai langkah awal, tahun ini akan dibangun gapura dan pendopo,” kata Kepala Desa Kebunagung, Bustanul Affa pada media, Jumat,(12/1/2023).

Pembangunan wisata itu, sambung dia, tidak mengandalkan APBDes, melainkan menggandeng donatur dan investor. Bahkan, pihaknya juga sedang menggalang dana dari pemkab dan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Sehingga, pengembangan wisata bisa berkelanjutan.

Dia mengungkapkan, dengan munculnya wisata desa ini juga diharapkan mampu mempromosikan UMKM. Caranya nanti akan dibangun food court di lokasi wisata. Setiap RT akan diberikan lapak untuk mendongkrak ekonomi warga.

“Kami akan mengajak semua generasi muda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan lainnya untuk bersama-sama membangun desa wisata. Jadi ini bukan inisiatif sendiri tapi planing kita paparkan untuk menyerap aspirasi semua elemen. Seperti apa yang mereka inginkan nanti kita konsep bareng-bareng,” tegas Tanu.

Tanu juga optimistis pertengahan tahun 2023 desa wisata Kebunagung akan rampung dan akan dilaunching sekaligus dibuka untuk wisatawan.

Bahkan menurut Tanu, saat ini desa wisata Kebunagung sedang disurvei oleh Kanwil DJPb Kemenkeu Jatim untuk persiapan kegiatan diseminasi APBN dan showcase UMKM yang rencananya akan dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani 2 Februari 2023.

“Utusan dari Kementerian survei lokasi persiapan kunjungan Menkeu. Termasuk kesiapan BUMDes,” jelas Tanu. (nz/yt)

Pos terkait