Jelang Ramadhan, Stok Pangan di Sumenep Dipastikan Aman

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan stok pangan di Kota Sumekar aman. Utamanya, saat menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Sumenep, Ardiansyah Ali Shohibi mengatakan, petugas Disperindag terus melakukan pemantauan di berbagai pasar di kota itu termasuk memastikan semua distributor telah menyediakan pangan guna memastikan stok tetap aman.

Muat Lebih

“Menjelang puasa dan lebaran stok (pangan) cukup,” katanya.

Pemantauan ketersediaan pangan, seperti beras, tepung, minyak dan yang lain terus dilakukan. Apalagi kata dia untuk ketersediaan beras lumayan banyak mengingat saat ini berbarengan dengan panen raya.

Selain menjaga ketersediaan pangan, pemantauan yang dilakukan oleh tim itu juga sebagai antisipasi terjadinya praktik yang bisa merusak pasar, seperti penimbunan yang mengakibatkan lonjakan harga dikemudian hari.

Sementara untuk harga, lanjut Ardiansyah dalam kondisi stabil, meski terjadi lonjakan harga masih dalam kondisi wajar. “Kalau soal harga rata-rata masih dalam kondisi stabil,” jelas dia.

Harga daging sambung dia saat ini juga tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, seperti harga daging sapi sejak awal tahun hingga sekarang kondisinya masih tetap stabil.

Kendati begitu Ardiansyah mengakui sempat terjadi lonjakan harga pada cabai rawit merah. Pertengahan Maret lalu harganya menyentuh Rp.120 ribu perkilogram. “Namun di akhir Maret ini harga cabai rawit merah sudah mulai menunjukkan penurunan,” jelasnya.

Salah satu upaya untuk menstabilkan harga pada bulan puasa hingga Idul Fitri mendatany, Disperindag akan melakukan pasar murah yang akan dilaksanakan di sejumlah tempat saat Ramadhan ini.

“Pasar murah ini kami targetkan untuk menstabilkan harga. Sejauh ini kami sudah mengajukan, cuma informasi pelaksanaannya belum dapat dipastikan,” jelas dia. (nz/yt)

Pos terkait