Hasil Panen Jagung Menurun, Dewan Minta Pemkab Jaga Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Petani jagung di Kecamatan Ganding, Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai resah. Pasalnya, hasil panennya tidak mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Itu lantaran terserang hama.

“Hasil panen jagung tahun ini alami penurunan dibandingkan musim panen tahun sebelumnya,” kata Maha, salah satu petani di Kecamatan Ganding.

Muat Lebih

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep Juhari mendorong pemerintah daerah untuk fokus memperhatikan ketahanan pangan masyarakat. “Apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi covid 19. Jadi, mitra kerja Komisi II harus turun pada masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, pemerintah daerah harus bergegas untuk mencari trobosan baru. Semisal, pemerintah bisa membeli hasil panen masyarakat, sehingga bisa membantu perekonomian ditengah pandemi covid 19. “Sehingga masyarakat bisa terbantu,” jelas dia.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Ardiansyah Ali Shocibi memprediksi kebutuhan pangan saat masih tercukupi.

Saat ini kata dia harga komoditi di sejumlah pasar tradisional masih terbilang stabil. Hal itu sesuai hasil survei yang dilakukan Disperindag setiap pekan. 

“Hasil survei yang dilakukan harga beras hingga kini masih stabil, tak ada perubahan harga, stok sendiri masih melimpah,” katanya. (nz/yt)

Pos terkait