Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Sumenep Siapkan Dua Metode Pembelajaran Baru

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sumenep, Madura, Jawa Timur menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan (Disdik) setempat. Salah satunya, dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Salah satunya, menerapkan metode pembelajaran baru di 2020 ini. “Ada dua metode pembelajaran yang kami siapkan. Yakni, merubah cara mengajar guru menggunakan metode literasi dan diskusi agar tidak menoton. Juga, memberikan motivasi semangat belajar pada murid,” kata Kepala Disdik Carto Selasa (28/4/2020).

Muat Lebih

Menurutnya, metode pembelajaran menggunakan literasi, numerasi dan diiskusi mulai tahun ini akan dirubah menggunakan media pembelajaran. “Ada media pembelajaran, semisal alat peraga tidak hanya menoton pada kapur tulis dan papan tulis, ” ungkapnya serius.

Penerapan itu, sambung dia, tidak hanya tingkat lanjutan. Kelas satu SD, format meja belajarnya sudah harus dengan model diskusi, tidak fokus pada satu arah. Sehingga, modelnya tak hanya menoton, tapi diskusi dan literasi. “Tak hanya dalam kelas, melainkan juga memanfaatkan lingkungan yang ada, ” tuturnya.

Sementara untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa dan siswi, menurut Carto saat ini butuh diberikan motivasi semangat belajar tinggi, baik melalui penghargaan, lomba, event dan lainnya.
“Motivasi untuk anak-anak siswa saat ini kendor. Untuk itu saat ini guru dan pemerintah harus turut serta memberikan motivasi belajar bagi siswa,” tegasnya.

Sehingga, menurut Mantan Kadisparbudpora ini, ada rangsangan kepada siswa untuk terus bangkit. misalnya, saat agustusan atau lainnya. “Penghargaan itu juga bagian dari memompa semangat siswa dalam belajar, ” pungkasnya. (nz/yt)

Pos terkait