Perolehan Suara Fauzi -Eva Tak Terkejar, Unggul 3,9 Persen di Rekapitulasi Manual KPU Sumenep

  • Whatsapp
Ketua KPU Sumenep saat membacakan hasil rekap manual, Kamis (17/12/2020).

Madurazone. SUMENEP – Penantian panjang penentuan “pemenang” Pilkada Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya terjawab. Pasangan Achmad Fauzi-Nyai Hj Dewi Khalifah “menang” dari pasangan Fattah Jasin – K. Ali Fikri.

Itu terungkap dari hasil rekapitulasi manual tingkat Kabupaten Sumenep. Di mana paslon nomor urut 01, Achmad Fauzi-Dewi Khalifah mendapat 319.876 suara, atau 51,9 persen dari suara sah. Sementara pesaingnya nomor urut 02, Fattah Jasin-Kiai Ali Fikri mendapat 296.676 suara, atau 48,1 persen dari suara sah. Maka Duet Fauzi -Eva menang 23.200 atau 3,8 persen.

Muat Lebih

Sementara tingkat partisipasi pemilih di 27 kecamatan se Kabupaten Sumenep pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, yakni 623.852 suara, dengan rincian 616.552 suara sah, dan 7.300 suara tidak sah.

Ketua KPU Sumenep, Abd. Warits mengatakan, hasil rekapitulasi yang sudah diketahui, maka tidak lantas melakukan penetapan “pemenang” atau bupati dan wabup terpilih. Sebab, pihaknya masih menunggu surat pemberitahuan dari MK (Mahkamah Konstitusi) yang berkekuatan hukum tetap.

“Pemberitahuan terkait adanya gugatan yang bisa diajukan oleh masing-masing calon. Jika tidak ada gugatan, maka pasangan ini bisa ditetapkan sebagai pemenang Pilkada maksimal lima hari setelah adanya pemberitahuan dari MK. Jika ada, maka akan menunggu rekomendasi MK yang berkekuatan hukum tetap,” katanya.

Warits menegaskan, rekapitulasi berjalan normal, dan tidak banyak kendala yang dialami. Tidak banyak kesalahan, sehingga tidak banyak sanggahan maupun protes dari masing-masing saksi pasangan calon. “Alhamdulillah selama proses rekapitulasi berjalan lancar dan aman,” kata Warits.

Ditanya terkait partisipasi pemilih, mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) ini mengatakan, pada Pilkada saat ini partisipasi pemilih meningkat jika dibandingkan dengan pesta demokrasi sebelumnya. Pada Pilkada tahun 2020, partisipasi pemilih di Kabupaten Sumenep mencapai 75 persen.

Untuk diketahui, pasangan Fauzi-Eva diusung lima partai, yaitu PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKS, dan PBB. Sedangkan Fattah Jasin-Kiai Ali Fikri diusung PKB, PPP, Demokrat, Hanura, dan NasDem. (nz/yt)

Pos terkait