Berhembus Bayi Tertukar, Ini Jawaban RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep

  • Whatsapp
Kasih Informasi RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep Arman, FOTO/MZ

Madurazone. SUMENEP – Berhemburnya isu adanya bayi teetukar di RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur direspon pihak rumah sakit pelat merah ini. Versi rumah sakit tidak ada kejadian bayi yang tertukar dengan bayi lain.

Kasi Informasi RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep Arman Endika Putra menjelaskan, adanya isu kejadian bayi tertukar itu sangat tidak benar. Sebab, bayi yang lahir pada 13 November 2020 itu hanya satu orang. “Yang lahir itu hanya satu bayi, yang dari Batang-batang, tidak ada bayi lain,” katanya.

Muat Lebih

Menurutnya, saat bayi lahir langsung diadzani sama orang tua laki-laki, dan pihak rumah sakit sudah menjelaskan jenis kelamin, berat badan (BB) dan sejenisnya kepada pihak keluarga. Kemudian, setelah itu diberi gelang sebagai identitas. “Jadi, kami berikan gelang. Dan, gelangnya tetap ada dan terpakai sampai detik ini,” ujarnya didampingi Kepala ruang PICU NICU Sri Astuti.

Arman mengungkapkan, saat ini bayi beserta ibunya masih dirawat intensif di rumah sakit. Sehingga, masih mendapatkan perawatan. “Juga ada bayi lahir, tapi satu hari sebelumnya. Jadi, kami tegaskan disini tidak ada bayi yang tertukar,” ucapnya.

Lagian, terang dia, sangat tidak masuk akal jika tertukar lantaran berdasarkan foto yang tidak sama lahir. Sebab, waktu lahir itu masih mengembang dan memungkinkan tidak sama dari hari ke hari. “Jadi, kami sudah punya mengantongi data. Waktu lahir juga langsung diberitahu kepada keluarga. Jadi, isu itu tidak benar. Kami bekerja sesuai dengan SOP,” ungkapnya. (nz/yt)

Pos terkait