Sepakat Tambak Udang Desa Badur Ditutup, Warga Batu Putih Minta Pemkab Eksekusi

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Rekomendasi penutupan tambak udang di Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura, Jawa Timur direspon warga. Bahkan, warga Kecamatan Batu Putih mendukung langkah yang diambil komisi III DPRD.

Sebab, versi warga, sesuai Perda Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW) Kecamatan Batuputih merupakan zona untuk holtikultura dan perumahan. Dengan begitu apabila dibangun industri seperti tambak udang jelas melanggar aturan.

Muat Lebih

“Sesuai Perda RTRW daerah Batuputih diperuntukan hortikultura dan perumahan, bukan untuk yang lain,” kata Sattar Effendi, salah satu warga Kecamatan Batuputih saat dihubungi media melalui sambungan telepon selulernya,

Aktivis agraria itu menilai Pemerintah Daerah terkesan tergesa-gesa menerbitkan ijin. Selain melanggar Perda RTRW juga lokasi pembangunan dinilai tidak sesuai dengan aturan. Konstruksi yang dibangun ldibawah 100 meter dari sepadan pantai. Versi warga lokasi tambak diperkirakan hanya 50 meter dari sepadan jalan dan pantai.

“Tidak hanya persoalan 100 meter dari sepadan pantai itu tidak, dari sisi regulasi sudah tidak cukup syarat. Kami meminta agar Pemkab (pemerintah daerah) mengevaluasi terkait hal itu, ini jadi rancu bagi kami, kok bisa ijin keluar (meski melanggar RTRW) kan begitu,” ungkap pria yang akrab disapa Fendi Kacong itu.

Selain itu, kata dia, dampak pembangunan tambak udang kepada masyarakat kata dia lebih banyak negatif dibandingkan positifnya. Oleh sebab itu, dirinya sepakat Pemerintah Daerah untuk menutup dan mengembalikan fungsi lahan sebagaimana aturan yang ada.

“Sepakat, harus ditutup tidak ada alasan, masak pemerintah menciptakan Undang-undang dan dilanggar sendiri,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Sumenep mengeluarkan rekomendasi untuk menutup tambak udang di Desa Badur. Sebab, ada izin yang dilanggar dan juga dinilai tidak sesuai dengan Perda RT RW. Hal itu juga diakui oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep. (nz/yt)

Pos terkait