Ironis, Anggaran Rp 2,5 Miliar Tak Cair, OPD Gunakan Dana Talangan

  • Whatsapp
banner 468x60

Madurazone. SUMENEP – Anggaran untuk corona atau covid 19 di Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga saat ini belum bisa dicairkan. Pasalnya, anggaran senilai Rp 2,5 miliar itu masih diajukan kepada bupati setempat. Akibatnya, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menggunakan dana talangan.

“Kalau sepengetahuan saya belum ada yang cair, (saat melakukan pencegahan) dana talangan masing-masing OPD, nanti diganti kalau sudah cair,” kata R. Abd. Rahman Riadi, Kepala BPBD Sumenep, saat dihubungi melalui sambungan teleponnya,

Muat Lebih

banner 300250

Dikatakan, saat ini dana tersebut masih dalam tahap pengajuan kepada Bupati Sumenep. “Jadi selama ini yang kami lakukan dengan biaya mandiri dulu dengan ditalangi oleh OPD,” jelasnya.

Sebab lanjut Rahman, jika OPD menunggu anggaran cair, setiap OPD tidak bisa bekerja dalam rangka menanggulangi wabah Covid-19. Sebab, pencairan dana tersebut butuh waktu yang cukup lama. “Kami harus respon cepat, sementara proses dana kan ada adminitrasi yang dilalui, kalau menunggu itu tidak bekerja. Sementara covid sudah mengancam didepan mata, kalau kita tidak eksen jadi masalah tersendiri sehingga harus inisiatif tersendiri melakukan tugas,” tegasnya. (nz/yt)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60