Realisasi Pengelolaan Dana PI PT KEI Masih Suram

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Rencana Realisasi PI (Partisipacing Interest) PT KEI (Kangean Energy Indonesia) di kepulauan Sapeken, Sumenep, Madura, Jawa Timur masih suram. Sebab, hingga saat ini belum ada kepastian pengelolaan dana 10 persen dari perusahaan minyak dan gas (migas) tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) ESDA (Energi dan Sumber Daya Alam) setkab Sumenep Moh. Sahlan menjelaskan, sampai detik ini belum ada kepastian. Padahal, 10 persen dana PI dari K3S merupakan hal yang harus diberikan kepada daerah setelah ditawarkan. “Itu jelas aturannya. Harusnya sudah dikelola,” katanya.

Muat Lebih

Padahal, sambung dia, PT KEI sudah beroperasi bertahun-tahun di kota Sumekar, namun belum diserahkan PI nya. Padahal, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah siap untuk mengelola dana tersebut. “Yang Sumenep akan dikelola PD Sumekar ternasuk juga dengan Jatim,” katanya serius.

Bahkan, mantan Camat Sapeken ini menuturkan, pihaknya sudah sering menyampaikan untuk segera diserahkan ke daerah. Namun, tak ada kepastian sama sekali. “Jadi, harunsya realisasi PI ini tidak setengah hati, melainkan harus dilakukan serius. Biar bisa ikut ambil bagian dalam mensejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta untuk segera dieksekusi. Pemerintah daerah sudah mempunyai kemauan besar dalam mengelola PI ini, tapi ternyata belum berbanding lurus. “Kami harap segera ada kepastian. Kami mendesak pihak terkait agar PI cepat dieksekusi,” ucapnya.

Memang, perusahaan migas berhak memberikan PI 10 persen kepada daerah penghasil. Hal ini sesuai dengan UU 37/2016 Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi. (nz/yt)

Pos terkait