Penebangan Pohon di Jalan Raya Manding Diprotes Warga

  • Whatsapp

Madurazone. SUMENEP – Adanya penebangan pohon di sepanjang jalan raya Manding, Sumenep, Madura, Jawa Timur diprotes setempat. Alasannya, penebangan yang dilakukan menyebabkan kehilangan kerindangan, sehingga menyebabkan gundul.

Abdurrahman, warga Lalangon, Kecamatan Manding mengaku kecewa dengan adanya penebangan pohon di pinggir jalan raya. Sebab, itu bagian dari menghilangkan kerindangan dan penghijauan di jalan. ” Kami sangat kecewa dengan penebangan pohon itu,” katanya dengan nada kecewa.

Muat Lebih

Sayangnya, sambung dia, pihaknya tak mengetahui yang melakukan penebangan. Hanya saja, penebangan itu tidak sepantasnya dilakukan. Padahal, keberadaanya sangat diperlukan lantaran untuk menyerap air, dan menghindari banjir dan longsor. “Kami memprotes keras adanya pohon pinggir jalan itu,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pihak terkait untuk bertanggungjawab dalam masalah ini. “Kami berharap ada penindakan tegas. Kami untuk dilakukan investigasi secara menyeluruh,”tuturnya santai.

Kabid Tata Lingkungan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Sumenep Zainal Arifin mengaku belum tahu terkait hal tersebut. Namun, pihaknya mengklaim itu merupakan jalan Nasional, maka kewenangannya berada di pusat. “Itu kewenangan pusat. Kami tak banyak bisa bertindak,”katanya.

Menurutnya, kalaupun ada penebangan maka dimungkinkan untuk melakukan kordinasi. Sehingga, pihaknya juga mengetahui. “Biasanya kalau ada penebangan kordinasi kami. Ada kordinasi tapi bukan di daerah Manding, melainkan di Pragaan, Saronggi dan Bluto,” ujarnya. (nz/yt)

Pos terkait