Ironis, Puluhan Sekolah SD di Bangkalan Tanpa Kasek Definitif

  • Whatsapp

Madurazone. BANGKALAN – Masih banyak lembaga pendidikan negeri di Bangkalan, Madura, Jawa Timur belum dijabat kepala sekolah (kasek) definitif. Saat ini, masih terdapat puluhan sekolah yang masih dijabat pelaksana tugas (Plt).

Data di Dinas Kabupaten Bangkalan, untuk tingkat SD ada 49 sekolah, sementara untuk SMP sebanyak 1 lembaga yang dijabat Plt. “Ya masih banyak yang belum dijabat kasek definitif. Dan, belum dilakukan pengisian,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Disdik Bangkalan, Moh. Bakrun.

Muat Lebih

Menurutnya, pihaknya tidak berani untuk melakukan pengisian kasek tersebut. Apalagi, sampai mengangkat Plt menjadi kasek definitif. Sebab, masih belum memenuhi syarat sebagaimana di tetapkan Peraturan Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) No 6 tahun 2018 tentang tenaga pendidik.

“Kalau tidak sesuai dengan itu ya tidak bisa, sekarang berpatokan pada Permendikbud, beda dengan dulu. Meski berlaku setelah dua tahun, tapi kami tetap tak berani mengisi,” ujarnya.

Kemungkinan pihaknya akan melakukan pengisian kepala sekolah definitif sekolah bulan Desember tahun ini. Sebab, di akhir tahun ini ada ratusan kepala sekolah yang akan pensiun. “Ada sekitar 168 jadi yang belum memenuhi syarat sebaiknya segera bersiap-siap, kita akan adakan Diklat,” ungkapnya. (nz/yt)

Pos terkait