Rabu , 26 Februari 2020
Home / SUMENEP / Banjir Intai Tiga Kecamatan di Sumenep

Banjir Intai Tiga Kecamatan di Sumenep

Madurazone. SUMENEP – Musim penghujan, banyak kondisi alam yang tak diprediksi. Salah satunya, banjir yang mengintai di setiap musim hujan ini. Di Sumenep, Madura, Jawa Timur ada tiga kecamatan yang berpotensi bakal terjadi banjir.

Ketiga kecamatan itu adalah Batuan, Lenteng dan Saronggi. Ketiganya berada di bentangan sungai induk, sehingga dimasukkan dalam kategori zona rawan banjir. “Ya, tiga kecamatan iru masuk zona rawan banjir,” kata Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumenep R. Abd. Rahman.

Sehingga, sambung dia, di wilayah tersebut untuk selalu waspada. Biasanya banjir terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. “Debit sungai tak mampu menampung. Apalagi, sungai yang ada malah dangkal. Sehingga, memudahkan banjir menerpa wilayah tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau warga untuk selalu waspada datangnya banjir. Setidaknya, warga juga melakukan pencegahan sejak dini. “Yakni tidak membuang sampah ke sungai biar tidak terjadi pendangkalan. Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan dalam hal membuang sampah tidak sembarangan,” tuturnya.

Untuk wilayah lain, terang dia, warga juga waspada akan datangnya bencana lainnya. Seperti longsor, angin puting beliung dan lainnya. (nz/yt)

Baca Juga

Pantau Lahan Pertanian Terdampak Banjir, Dispertahortbun Sumenep Fasilitasi Klaim Asuransi Petani

Madurazone. SUMENEP – Banjir yang merendam sejumlah lahan pertanian di tiga Kecamatan mendapatkan perhatian serius …