Sumenep Alami Inflasi 0,10 Persen

  • Whatsapp

Madurazone.co, Sumenep – Agustus 2019 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengalami inflasi sebesar 0,10 persen. Angka itu dibawah inflasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur inflasi sebesar 0,12 persen dan Nasional juga mengalami inflasi sebesar 0,12 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumenep lima kelompok penyumbang inflasi pada Agustus 2019 diantaranya kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,72 persen, disusul dengan kelompok sandang sebesar 0,70 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,31 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,22 persen.

Muat Lebih

“Dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar alami inflasi sebesar 0,07 persen,” kata Syaiful Rahman, Kepala BPS Sumenep, Selasa,

Sementara kelompok bahan makanan pada Agustus mengalami deflasi sebesar 0,28 persen dan kelompok transpor, komunikasi, dan Jasa keuangan relatif stabil.

“Komoditas utama yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi adalah emas perhiasan, rokok kretek, dan cabai rawit,” jelasnya.

Sedangkan komoditas utama yang memberikan andil terbesar terhadap deflasi adalah bawang merah, cabai merah dan ketimun. (nz/yt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.