Tembakau Mulai “Melimpah”, Baru Dua Gudang Lakukan Pembelian

  • Whatsapp

Madurazone.co, Sumenep – Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Madura, Jawa Timur baru menerima laporan pembelian tembakau tahun 2019 dari dua gudang tembakau. 

“Laporan yang kami terima baru dua gudang yang mulai melakukan pembelian,” kata Abdul Hamid, Kepala Bidang Perkebunan, Dispertahortbun Sumenep, Jumat,

Muat Lebih

Dua gudang yang mulai melakukan pembelian adalah perwakilan pabrikan Gudang Garam di Kecamatan Guluk-guluk dan PT Kahuripan milik Fredy Desa Gunggug, Batuan, Sumenep.

“Pembelian dimulai dari tanggal 19 Agustus hingga selesai,” jelasnya tanpa menyebutkan target pembelian tahun ini. 

Sedangkan harga untuk kata dia, paling bawah berkisar Rp32 ribu hingga Rp54 ribu perkilogram untuk tembakau rajangan madura.

“Tapi itu hanya patokan saja, harga tergantung kualitas tembakau. Lebih bagus, harganya tentu lebih mahal,” tegasnya. 

Sementara saat tembakau rajangan ditingkat petani rata-rata Rp40 ribu untuk sebagian di daerah di Kecamatan Ganding. Sementara di Kecamatan Rubaru antara Rp50 ribu bahkan ada yang sampai Rp62 ribu perkilogram. 

“Rata-rata disini (Rubaru) harga tembakau Rp55 ribu, tertinggi Rp62 ribu untuk saat ini,” kata Ahmadi salah satu petani tembakau asal Kecamatan Rubaru (nz/yt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.