Baru Dilaunching, Fasilitas Kapal DBS III Bermasalah?

  • Whatsapp

Madurazone.co, Sumenep – Kapal Dharma Bahari Sumekar III (DBS) yang baru dilaunching ternyata menyisakan masalah. Sejumlah fasilitas kapal dengan trayek Kalianget – Batu Guluk, Arjasa Kangean sudah banyak yang rusak.

Akibatnya, pelayaran yang direncanakan besok kandas. Itu dilakukan pihak manajemen PT Sumekar agar keberadaan kapal tidak dikeluhkan penumpang. “Mesin tidak normal, AC (Air Conditioner) mati,” kata Ahmad Zainal Arifin, Direktur Pelaksana PT Sumekar.

Muat Lebih

Dia menjelaskan, pihaknya tidak mau kapal dipaksa jalan dengan fasilitas yang banyak rusak, nanti malah malah banyak tafsir dari warga kepulauan. Biarkan kapal itu diperbaiki dulu sampai normal. “Silahkan diperbaiki dulu, ” ucapnya santai.

Bahkan, terang dia, pihaknya telah berkirim surat kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Bupati Sumenep A Busyro Karim, tentang pengembalian kapal yang baru di launching 31 Oktober 2018 itu. “Kembalikan lagi ke Dishub. Dan akan diterima kembali jika kapal sudah layak jalan,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya meminta warga tidak resah dengan tidak beroperasinya DBS III, sebab DBS I masih melayani pelayaran warga kepulauan. “Tidak perlu resah. Bagi yang mau ke pulau DBS I beroperasi, ” tuturnya.

Kapal DBS III merupakan kapal baru yang di launching pada 31 Oktober 2018 oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim. Pengadaan kapal ropeks yang diberi nama DBS III itu anggarannya merupakan co-sharing antara Pemprov Jawa Timur dan Pemkab Sumenep. Totalnya Rp 39 miliar.

Kapal tersebut bisa kapasita penumpang DBS III ini dibagi menjadi tiga kelas. Kelas I 10 orang, kelas II 45 orang, dan kelas III 252 orang. (nz/yt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.