Jumat , 13 Desember 2019
Home / SAMPANG / Kabupaten Sampang Kekurangan Guru PAI

Kabupaten Sampang Kekurangan Guru PAI

Madurazone.co, Sampang – Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur masih mengalami kekurangan guru agama muali dari tingkat, SD, SMP dan SMA sederajat. Di mana jumlah lembaga lebih besar dibandingkan dengan jumlah guru.

Data di Kementerian Agama (Kemenag) Sampang tercatat hanya ada 434 guru, sementara jumlah lembaga mencapai 800. Rinciannya, 363 orang berstatus PNS, 51 orang tenaga honorer, dan 20 orang tenaga sukarelawanan baru 20 orang.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencatat ada 434 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajar di SD, SMP, dan SMA/sederajat di Sampang. Jumlah guru PAI itu tidak sebanding dengan jumlah lembaga sekolah.

Kepala Kemenag Sampang Juhedi, melalui Kasi Pendidikan Agama Islam (Pais) Ahmad Makki, menjelaskan, jumlah guru PAI kurang dan tidak sebanding dengan kebutuhan, kalau gurunya 434 orang dan lembaga sekolahnya ada 800 lembaga. “Ini bisa menyebabkan pendidikan tidak maksimal,” katanya.

Bisa saja, sambung dia, dalam menjalankan proses mengajar tidak sesuai tupoksinya. Di mana yang bukan guru agama, mengajar agama. “Jadi, sangat ironis. Dan, ini menjadi kebutuhan, “ucapnya.

Idealnya, menurut dia, setiap lembaga sekolah yang memiliki jumlah siswa sebanyak 90 anak maka minimal harus ada satu guru PAI. Namun, jumlah guru PAI saat ini hanya memenuhi sekitar 50 persen lembaga.

“Menyusut pasti, karena banyak yang memasuki masa pensiun, ” tukasnya. (red)

Baca Juga

Gara-gara Banyak Tak Tamat SD, IPM di Sampang Masih Rendah

Madurazone.co, Sampang – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sampang, Madura, Jawa Timur pada sektor pendidikan …