Senin , 20 Januari 2020
Home / POLITIK / Rapuh, Gedung DPRD Sumenep Tak Layak

Rapuh, Gedung DPRD Sumenep Tak Layak

Madurazone.co, Sumenep – Kondisi gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur dinilai sudah tidak dilayak. Bahkan, hasil kajian kontrsruksi dari ITS Surabaya, jika gedung wakil rakyat itu tidak kuat apabila ditempati lebih dari 50 orang, khususnya di lantai II.

Padahal, gedung legislator itu dihuni oleh banyak orang. Sebab, jumlah anggota dewan saja sudah mencapai 50 dengan pimpinan, ditambah dengan sejumlah staf. Sehingga, semua penghuni diminta selalu waspada dikhawatirkan ambruk sewaktu-waktu.

“Hasil survei dan kajian dari tim ITS pada 2014 lalu, kondisi gedung ini memang sudah tidak layak. Bahkan, lantai II itu sudah tidak mampu menahan penghuni lebih dari 50 orang, padahal ketika paripurna hampir seratus orang lebih, ” kata Sekretaris DPRD Sumenep Moh. Mulki

Sebenarnya, sambung dia, pihaknya diminta untuk selalu waspada, dan diminta untuk selalu dipantau oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman & Cipta Karya. “Namun, saya belum tahu perkembangan kajian dari dinas terkait, ” tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya memastikan akan segera melakukan perencanaan untuk pembangunan gedung baru DPRD. Untuk perencanaan ini diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 2,5 miliyar. “Nanti gedung baru di Desa Geddungan, Kecamatan Batuan, ” tuturnya.

Pantauan media ini, kondisi gedung DPRD memang sangat menyedihkan. Sejumlah gedung mulai terlihat rapuh, ditambah atap yang sudah mulai berjatuhan. (nz/yt)

Baca Juga

PT PPI – PT Sumekar Saling Klaim “Gunakan” Solar Industri, Dapat Harga Murah?

Madurazone. SUMENEP – Penjualan solar melalui PT Pelita Petrolium Indonesia (PPI) Cabang Sumenep ke salah …