Rabu , 1 April 2020
Home / SEHAT / Optimalkan Jaminan Kesehatan Gakin, RSUD Sumenep Rutin Gelar Penyuluhan

Optimalkan Jaminan Kesehatan Gakin, RSUD Sumenep Rutin Gelar Penyuluhan

Madurazone.co, Sumenep – Upaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya warga miskin (Gakin) terus dilakukan oleh RSUD dr. Moh. Anwar, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Salah satunya, dengan melakukan penyuluhan kesehatan.

Hal itu dilakukan agar pelayanan kesehatan bisa diterima secara menyeluruh oleh masyarakat kabupaten ujung timur pulau Madura. Khususnya, Gakin bisa mengakses kesehatan secara maksimal dan gratis. Apalagi, selama ini masih banyak yang belum mengakses.

Direktur RSUD dr H Moh Anawar Sumenep Fitril Akbar menjelaskan pelayanan kesehatan rumah sakit pelat merah juga menyediakan tindakan medis gratis. Yakni, dengan menyediakan jaminan kesehatan, seperti BPJS, Jamkesda, dan SPM. “Jaminan itu diperuntukkan untuk warga miskin, ” katanya.

Untuk itu, sambung dia, Gakin bisa menerima pelayanan kesehatan, tanpa harus memikirkan biaya. Itu lanyaran semua biaya sudah ditanggung oleh pemerintah. “Ya, sudah ada yang nanggung, jadi jika warga sakit tidak perlu takut untuk berobat, karena sudah dijamin, ” tuturnya.

Menurut Fitril, sebenarnya masih banyak warga yang belum menikmati layanan jaminan kesehatan ini. Itu lantaran masyatakat banyak yang belum mengetahui, manfaat dan prosedur jaminan kesehatan, baik BPJS, Jamlesda dan SPM. “Makanya, kami terus melakukan penyuluhan agat jaminan ini bisa dinikmati, ” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan penyuluhan yang digelar diharapkan mampu memberikan penyadaran masyarakat agar bisa menggunakan jaminan kesehatan. Sehingga, pelayanam kesehatan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. “Warga Miskin juga menikmati layanan, ini yang menjadi esensi dan perhatian kami, ” ujarnya.

Fitril meminta masyarakat miskin tak perlu takut untuk mendapatkan tindakan medis dari rumah sakit. “Sakit itu harus diobati, maka jangan sungkan untuk ke rumah sakit dengan menggunakan jaminan kesehatan itu, ” tukasnya. (nz/yt)

Baca Juga

RSUDMA Sumenep Intensifkan Pencegahan dan Pengendalian Bahaya Infeksi

Madurazone. SUMENEP – Masalah Pencegahan dan Pengendalian Infesi (PPI) menjadi perhatian RSUD dr. H.Moh. Anwar, …