Tersendat APBDes, Dana Desa di Sampang Lambat Cair

  • Whatsapp

Madurazone.co, Sampang – Desa di Sampang, Madura, Jawa Timur masih belum bisa menikmati dana desa dari APBN (anggaran pendapatan belanja negara) 2016. Sebab, pihak belum mengucurkan dana untuk pemberdayaan dan pembangunan desa senilai Rp 78 miliyar itu.

Padahal, dana tersebut sudah ditransfer dari negara ke kas daerah (kasda). “Ya pencairan dana desa jelas lambat. Bayangkan saja, hampir sudah memasuki pertengahan tahun namun belum disalurkan,” kata Moh. Hodai, ketua komisi I DPRD Sampang.

Muat Lebih

Dia mengungkapkan, keterlambatan itu akibat pihak Bapemas minim melakukan sosialisasi terkait dana desa itu. Sehingga banyak desa yang belum paham. Padahal, bapemas kan sudah tahu banyak dengan mengikuti bimtek.

“Harusnya diketuk tularkan. Selain itu, memang banyak desa yang kapasitasnya di bawah standar,” ujarnya.

Kepala Bidang Kelembagaan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) setempat Wasaton mengakui belum ada pencairan dana desa. Itu lantaran APBDes belum disetorkan oleh pihak desa. “Nanti akan kita manfaatkan pendamping lokal untuk mempercepat APBDes).

Yang jelas, sambung dia, untuk mencairkan dana desa itu dibutuhkan persyaratan. Tidak semudah membalikkan tangan. “Nantu disetor dulu persyaratannya, kemudian di verifikasi di kecamatan,” terangnya. (rid/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.